Thursday, June 25, 2009

Nominasi Film Terbaik Oscar Bertambah Lima

LOS ANGELES, -- The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, organisasi penyelenggara hajatan Academy Awards mengumumkan, pada penyelenggaraan Academy Awards ke-82 pada tahun 2010 mendatang, jumlah film yang diunggulkan di kategori Film Terbaik akan bertambah menjadi sepuluh film.

Presiden The Academy of Motion Picture Arts and Sciences Sid Ganis mengatakan, keputusan tersebut diambil untuk memberikan ruang bagi film-film yang baik untuk mendapatkan penghargaan yang prestisius, Piala Oscar.

Keputusan tersebut menandai kembali tradisi Oscar yang pernah dilakukan di era tahun 30-an dan 40-an. "Setelah lebih dari enam dekade, akademi akhirnya kembali seperti masa-masa awal di mana aura persaingan terasa lebih luas," terang Ganis kepada pers di Beverly Hills, AS, Rabu (24/6) waktu setempat.

"Namun hasilnya, tentu saja, akan tetap sama. Hanya ada satu karya film yang menjadi terbaik. Jumlah film yang masuk nominasi tidak lagi lima, tapi kini menjadi sepuluh," ujarnya.

"Punya sepuluh nomine memberikan ruang bagi pemilih untuk memberikan pilihannya. Tak hanya itu, kesempatan juga bisa didapat oleh film-film yang menonjol di sejumlah kategori Oscar lainnya, tapi malah tersisih dalam pertarungan memperebutkan penghargaan puncak," paparnya.

Rencananya film-film nomine Academy Awards ke-82 akan diumumkan 2 Februari 2010 mendatang. Sementara malam penganugerahannya akan disiarkan pada 7 Maret 2010. Tahun ini, film-film yang turut bersaing di kategori Film Terbaik, yakni The Curious Case of Benjamin Button, Frost/Nixon, Milk, The Reader dan Slumdog Millionaire. Penghargaannya sendiri diberikan kepada Slumdog Millionaire.


source by:kompas.com

No comments: